Kamis, 23 Januari 2014

Kelompok Kerja dan Brainstorming Elektronik



BRAINSTORMING


 Definisi dari Brainstorming

Sebelum kita mengetahui apa itu Brainstorming, ada baiknya kita mengetahui definisi Brainstorming terlebih dahulu. Brainstorming adalah piranti perencanaan yang dapat menampung kreativitas kelompok dan sering digunakan sebagai alat pembentukan konsensus maupun untuk mendapatkan ide-ide yang banyak. Jadi di dalam Brainstorming ini semua ide-ide yang kreatif bebas dikeluarkan.

Model brainstorming

Banyak beragam model Brainstorming diantaranya adalah sebagai berikut :
Verbal brainstorming : Saling bertukar pikiran dalam suatu grup yang dilakukan secara verbal dengan tatap muka dan pertemuan langsung.
Nominal brainstorming : Mengeluarkan ide secara terpisah, tidak saling berinraksi dengan menuliskan idenya di kertas atau komputer.
Electronic brainstorming : Saling bertukar pikiran dalam suatu grup secara elektronik dengan menggunakan tools seperti Group Support System.

Tujuan Dan Manfaat

Setelah kita mengetahui apa itu definisi dari Brainstorming serta model-modelnya  kita dapat mengambil manfaatnya serta tujuan dari Brainstorming itu sendiri. Kita dapat mengeidentifikasi masalah serta mencari sebab-sebab yang mengakibatkan terjadinya masalah. Brainstorming dapat menentukan alternatif pemecahan masalah serta mengimplementasikan pemecahan masalahnya. Serta kita dapat merencanakan langkah-langkah dalam mengambil suatu aktivitas dan mengambil keputasan yang terjadi.

Tata Pelaksanaan

 Dalam Brainstroming terdapat aturan main. Aturan main ini perlu dibuat dan dijelaskan oleh Team Leader. Agar cara ini efektif, dan setiap peserta harus mematuhinya.


untuk informasi selanjutnya silahkan klik disini



sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar